Jumat, 10 Januari 2014

Strategi Implementasi


·        Fase I – Basic ERP
Modul yang diimplentasikan meliputi Sales & Operations Planning, Demand Management,Rough-Cut, Capacity Planning, Master Scheduling, MRP dan Plant Scheduling.Modul ini bersifat praktis dan dibutuhkan oleh fungsi akuntansi dan keuangan, ditambah dengan modul yang diperlukan untuk mendukung keakurantan inventory, keakuran dan struktur bill of material, serta aktivitas umpan balik dari bagian manufaktur dan pengadaan.
·        Fase II – Integrasi Supply Chain
Proses yang termasuk dalam fase ini adalah pengembangan ERP baik ke arah depan dan belakang, sehingga membangun sebuah rantai pasok (supply chain). Pengembangan ke arah belakang meliputi proses pengadaan barang dari supplier dengan menggunakan teknologi (produk) tertentu misalnya penjadwalan pasokan barang dan e-commerce melalui web. Lama fase biasanya memerlukan waktu 3-6 bulan.
·        Fase III – Perluasan dan Pengembangan untuk Mendukung Strategi Perusahaan

Perluasan dapat berati implementasi elemen atau modul-modul yang belum diterapkan secara lengkap atau menyambungkan antarunit bisnis, mengimplementasikan modul pendukung, seperti modul untuk SDM, pemeliharaan, pengembangan produk dsb. Waktu yang diperlukan untuk fase ini bervariasi mulai dari beberapa bulan hingga satu tahun, tergantung sejauh mana sistem akan diperluas dan dikembangkan.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar