Peningkatan kerja grup. Jika kita dapat mengurangi berbagai fenomena yang
menyebabkan fungsi-fungsi yang tak jalan, keuntungan yang didapat bisa
ditingkatkan. Ilmuwan perilaku, pakar personal, pakar efisiensi, dan yang lain
telah mengembangkan berbagai pendekatan untuk menyelesaikan masalah ini.
Penggunaan Teknologi Informasi: Groupware.
Nama yang muncul yang mencakup wilayah ini adalah:
Group Support Systems (GSS).
Nama produk software-nya adalah groupware.
GDSS (Group decision support systems).
· GDSS dikenal sebagai bagian dari bidang yang lebih
luas yang disebut dengan GSS atau Electronic Meeting Systems (EMS).
· Definisi GSS adalah: satu lingkungan berbasis
teknologi informasi yang mendukung pertemuan grup, yang didistribusikan secara
geografis dan tak permanen. Lingkungan teknologi informasi termasuk, tapi tak
terbatas pada, fasilitas terdistribusi, hardware dan software komputer,
teknologi audio dan video, prosedur, metodologi, bantuan-bantuan, dan grup data
teraplikasi. Tugas grup (group tasks) termasuk, tapi tak terbatas pada,
komunikasi, perencanaan, peneluran ide, penyelesaian masalah, diskusi isu,
negosiasi, penyelesaian konflik, analisis dan desain sistem, dan aktivitas grup
bersama-sama seperti persiapan dokumen dan sharing (saling berbagi).
· GSS mendukung banyak task/tugas lebih dari sekedar
pengambilan keputusan; ia berfokus pada proses-proses yang digunakan oleh
kelompok kerja.
Groupware.
· Mengacu pada produk software yang mendukung grup
orang-orang yang bekerja menyelesaikan tugas atau tujuan yang sama.
· Software ini menyediakan mekanisme untuk saling
membagi (share) opini dan sumber daya (resources).
Kerangka Kerja Waktu/Tempat.
· Waktu. Message (pesan) dapat dikirim pada waktu tertentu
dan diterima hampir bersamaan. Komunikasi seperti ini disebut dengan
synchronous. Contohnya adalah: telepone, televisi, dan pertemuan tatap muka.
Komunikasi asynchronous adalah komunikasi dimana penerima mendapatkan pesan
pada waktu yang berbeda dibandingkan saat message itu dikirimkan.
· Tempat. Pengirim dan penerima, bisa dalam ruang
yang sama, berbeda ruang tetapi dalam lokasi yang sama, atau pada lokasi yang
berbeda.
Salah satu definisi GDSS adalah sistem berbasis
komputer interaktif yang memfasilitasi solusi masalah-masalah tak terstruktur
oleh grup pengambil keputusan. Komponenkomponen GDSS meliputi hardware,
software, orang, dan prosedur.
Ciri terpenting GDSS adalah:
· GDSS sistem informasi yang didesain khusus, bukan
sekedar konfigurasi komponen sistem yang telah ada.
· GDSS didesain dengan tujuan mendukung grup
pengambil keputusan dalam pekerjaannya. Maka GDSS harus meningkatkan proses
pengambilan keputusan dan/atau hasil keputusan grup dibandingkan dengan keadaan
tak menggunakan GDSS.
· GDSS mudah untuk dipelajari dan digunakan.
· GDSS bisa didesain untuk 1 jenis masalah atau untuk
berbagai keputusan organisasional level grup.
· GDSS didesain untuk mendorong bermacam-macam
aktivitas seperti peneluran ide, penyelesaian konflik, dan kebebasan berekspresi.
· GDSS memiliki mekanisme ikutan yang mengecilkan
berkembangnya perilaku negatif grup, seperti konflik yang merusak,
miskomunikasi, atau groupthink.
Tujuan dan Level-level GDSS.
· Tujuan dari GDSS adalah untuk meningkatkan
produktivitas dan keefektivan pertemuan-pertemuan untuk pengambilan keputusan,
baik dengan mempercepat proses pengambilan keputusan atau dengan meningkatkan
kualitas keputusan yang dihasilkan.
· Tujuan tadi dapat diperoleh dengan menyediakan
dukungan pada pertukaran ide, opini, dan preferensi dalam grup.
GDSS dapat meningkatkan keuntungan-keuntungan
proses seperti di bawah ini:
· Mendukung pemrosesan pararel dari peneluran
informasi dan ide oleh partisipan.
· Mengijinkan grup yang lebih besar dengan informasi,
knowledge, dan ketrampilan yang lebih komplit untuk berpartisipasi dalam
pertemuan yang sama.
· Mengijinkan grup untuk menggunakan teknik dan
metode terstruktur ataupun tak terstruktur untuk menampilkan task/tugas.
· Menawarkan akses cepat dan mudah ke informasi
eksternal.
· Mengijinkan diskusi komputer yang tak berurutan
(tak seperti diskusi verbal, diskusi komputer tak mesti harus serial atau
berurutan).
· Membantu partisipan berhubungan dengan gambaran
yang lebih besar.
· Menghasilkan hasil pemungutan suara anonymous
(tanpa nama) instan (ringkasanringkasan).
· Menyediakan struktur untuk merencanakan proses yang
menjaga grup tetap di jalurnya.
· Mengijinkan beberapa user berinteraksi secara
bersamaan. Mencatat semua informasi secara otomatis yang berlalu lalang dalam
sistem untuk analisis lebih lanjut (mengembangkan ingatan organisasi).
Teknologi GDSS dibagi menjadi 3 level:
· Level 1: Dukungan proses.
· Level 2: Dukungan pengambilan keputusan.
· Level 3: Aturan penugasan (rules of order).
Level 1: Dukungan Proses.
Item yang didukung oleh sistem ini:
· Pengiriman pesan/message elektronik diantara para
anggota grup.
· Hubungan jaringan ke setiap terminal PC anggota
pada anggota grup yang lain, fasilitator, layar buat publik, database, atau
sembarang CBIS umum lainnya.
· Layar buat publik tersedia di setiap terminal anggota
grup atau dapat dilihat oleh semua anggota di pusat.
· Masukan dalam hal pemungutan suara dan ide yang
terlindungi siapa pencetusnya untuk meningkatkan partisipasi anggota grup.
· Pengumpulan ide atau pemungutan suara dari setiap
anggota grup untuk mendorong partisipasi dan merangsang kreativitas.
· Penyimpulan dan penampilan ide dan opini, termasuk
ringkasan secara statistik dan penampilan jalannya pemungutan suara (pada layar
publik).
· Satu format untuk agenda yang dapat disetujui oleh
grup untuk membantu organisasi pertemuan.
· Menampilkan agenda secara kontinyu, seperti halnya
informasi yang lain, untuk menjaga pertemuan tetap pada jadwalnya.
Level 2: Dukungan Pengambilan Keputusan.
Pada level ini software ditambahi kemampuan dalam
pemodelan dan analisis
keputusan. Fiturnya:
· Perencanaan dan model keuangan.
· Pohon keputusan.
· Model probabilitas penilaian.
· Model alokasi sumber daya.
· Model pertimbangan sosial.
Sumber : http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=6&cad=rja&ved=0CFMQFjAF&url=http%3A%2F%2Fviyan.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F15917%2F6_Teknologi%2BKomputasi%2BKolaboratif.pdf&ei=kRpnUonIAcKPrgf3-oDgDA&usg=AFQjCNHVlV7nwK69DTdNcgjd8u5_CutXvA&sig2=0H5pDSdmUl1pWJRrYFUSrw&bvm=bv.55123115,d.bmk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar