Jumat, 10 Januari 2014

Peran E-Business pada Kinerja Supply Chain

Pada pembahasaan E-business diatas telah dijelaskan 4 (empat) bagian e-business, yang kemudian dapat disimpulkan bahwa e-business sangat berperan penting dalam perusahaan, khususnya perusahaan yang menawarkan barang/jasa. E-business tidak hanya menyangkut perdagangan elektronik atau e-commerce saja. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
Dari penjelasan yang di bahas di atas, dalam mewujudkan e-business tentunya di butuhkan Supply chain. Seperti pada pembahasan diatas supply chain digunakan untuk melihat kebutuhan konsumen. Kebutuhan-kebutuhan tersebut dapat dilihat melalui media internet, dari situlah E-business muncul. Selain untuk melihat kebutuhan konsumen peran e-business dan supply chain juga mencakup hubungan kerjasama antara perusahaan dengan supplier. Karena dari e-bussiness suplier tau bahan apa saja yg dibutuhkan perusahaan dalam produksinya.

Penjelasan diatas merupakan gambaan singkat tentang peran E-business dalam kinerja supply chain, sehingga perusahaan tidak perlu repot-repot mengeluarkan dana karena adanya E-business(Internet), dan supplier tidak perlu repot-repot menyediakan bahan yang berlebihan karena adanya supply chain.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar