Jumat, 10 Januari 2014

Dampak E-Business pada Kinerja Supply Chain

Dampak adanya e-business pada kinerja supply chain adalah meluasnya fasilitas dalam komunikasi dalam organisasi serta mengurangi waktu proses dan berkembangnya kerja sama. E-business menyediakan kesempatan bagi sebuah organisasi untuk meluaskan pasar mereka ke seluruh dunia sehingga dapat menaikan tingkat permintaan dalam penggunaan barang atau jasa.
Hal ini membutuhkan supply chain yang efektif salah satunya dengan menerapkan Enterprise Rosource Planning (ERP). Tren saat ini dalam proses bisnis adalah e-business yang diterapkan dalam proses Business-to-Consumen (B2C), Business-to-Businnes(B2B) dan Costumer-to-Costumer(C2C). Dalam meningkatkan proses komunikasi antara supplier dan costumer sangat diperlukan penggunaan internet, web, EDI.
Nilai E-Business dalam Industri yang Beda
Perusahaan yang baru memasuki era e-business akan mengalami beberapaperubahan dalam rangka menyesuaikan diri dengan sistem bisnis yang baru. Berikut iniadalah sebagian dari perubahan-perubahan tersebut:
·        Pemasaran yang lebih luas dengan tingkat kompetisi yang lebih tinggi.
·        Pertumbuhan dan perkembangan industri dan perusahaan sangat bergantung pada informasi dan pengetahuan.
·        Produktivitas lebih diutamakan dibandingkan kehadiran di tempat kerja.
·         Produk terbaru dapat dijumpai dalam komunitas e-business, namun usia produk menjadi singkat.
·        Struktur organisasi terdistribusi secara merata untuk mencapai fleksibilitas danmenekan biaya, kerja tim lebih ditekankan untuk dapat memberi respon atau memberuikan inovasi baru kepada perusahaan. Penerapan sistem e-business ini memberikan sejumlah manfaat, baik bagiperusahaan atau pebisnis perseorangan, konsumen, maupun masyarakat pada umumnya.

Manfaat yang dapat diperoleh perusahaan atau pebisnis perorangan yaitu:
1.        Menyelesaikan permasalahan kapling (lokasi), tenaga kerja, gudang, perijinan, dan keamanan.
2.        Memperpendek jarak antara perusahaan dengan konsumen.
3.        Peningkatanmarket exposure (pangsa pasar)
4.        Jangkauan mitra kerja menjadi semakin luas
5.        Biaya terkendali
6.        Efisien
7.        Cash flow terjamin
8.        Meningkatkan citra perusahaan
9.        Meningkatkan pelayanan kepada konsumen
10.    Meningkatkan produktivitas
11.    Mempermudah akses informasi
12.    Mengurangi biaya transportasi
13.    Meningkatkan fleksibilitas

Sedangkan konsumen yang menggunakan sistem e-business akan memperoleh manfaat sebagai berikut:
1.        Memperoleh informasi dan dapat berinteraksi secara efektif
2.        Biaya terkendali
3.        Keamanan secara fisik
4.        Harga produk cukup murah

5.        Memperoleh fleksibilitas dalam melakukan transaksi.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar