Dampak adanya e-business pada kinerja supply chain adalah
meluasnya fasilitas dalam komunikasi dalam organisasi serta mengurangi waktu
proses dan berkembangnya kerja sama. E-business menyediakan kesempatan bagi
sebuah organisasi untuk meluaskan pasar mereka ke seluruh dunia sehingga dapat
menaikan tingkat permintaan dalam penggunaan barang atau jasa.
Hal ini membutuhkan supply chain yang efektif salah satunya
dengan menerapkan Enterprise Rosource Planning (ERP). Tren saat ini dalam
proses bisnis adalah e-business yang diterapkan dalam proses Business-to-Consumen
(B2C), Business-to-Businnes(B2B) dan Costumer-to-Costumer(C2C). Dalam
meningkatkan proses komunikasi antara supplier dan costumer sangat diperlukan
penggunaan internet, web, EDI.
Nilai E-Business dalam Industri yang Beda
Perusahaan yang baru memasuki era e-business akan mengalami
beberapaperubahan dalam rangka menyesuaikan diri dengan sistem bisnis yang
baru. Berikut iniadalah sebagian dari perubahan-perubahan tersebut:
·
Pemasaran
yang lebih luas dengan tingkat kompetisi yang lebih tinggi.
·
Pertumbuhan
dan perkembangan industri dan perusahaan sangat bergantung pada informasi dan
pengetahuan.
·
Produktivitas
lebih diutamakan dibandingkan kehadiran di tempat kerja.
·
Produk terbaru dapat dijumpai dalam komunitas
e-business, namun usia produk menjadi singkat.
·
Struktur
organisasi terdistribusi secara merata untuk mencapai fleksibilitas danmenekan
biaya, kerja tim lebih ditekankan untuk dapat memberi respon atau memberuikan
inovasi baru kepada perusahaan. Penerapan sistem e-business ini memberikan
sejumlah manfaat, baik bagiperusahaan atau pebisnis perseorangan, konsumen,
maupun masyarakat pada umumnya.
Manfaat yang dapat diperoleh perusahaan atau pebisnis
perorangan yaitu:
1.
Menyelesaikan
permasalahan kapling (lokasi), tenaga kerja, gudang, perijinan, dan keamanan.
2.
Memperpendek
jarak antara perusahaan dengan konsumen.
3.
Peningkatanmarket
exposure (pangsa pasar)
4.
Jangkauan
mitra kerja menjadi semakin luas
5.
Biaya
terkendali
6.
Efisien
7.
Cash
flow terjamin
8.
Meningkatkan
citra perusahaan
9.
Meningkatkan
pelayanan kepada konsumen
10.
Meningkatkan
produktivitas
11.
Mempermudah
akses informasi
12.
Mengurangi
biaya transportasi
13.
Meningkatkan
fleksibilitas
Sedangkan konsumen yang menggunakan sistem e-business akan
memperoleh manfaat sebagai berikut:
1.
Memperoleh
informasi dan dapat berinteraksi secara efektif
2.
Biaya
terkendali
3.
Keamanan
secara fisik
4.
Harga
produk cukup murah
5.
Memperoleh
fleksibilitas dalam melakukan transaksi.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar