Selasa, 14 Desember 2010

Penduduk, Masyarakat dan kebudayaan

Penduduk
adalah Orang yang tinggal di daerah tersebut
Orang yang secara hukum berhak tinggal di daerah tersebut. Dengan kata lain orang yang mempunyai surat resmi untuk tinggal di situ. Misalkan bukti kewarganegaraan, tetapi memilih tinggal di daerah lain.
Dalam sosiologi, penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu.
Masalah-masalah kependudukan dipelajari dalam ilmu Demografi. Berbagai aspek perilaku menusia dipelajari dalam sosiologi, ekonomi, dan geografi. Demografi banyak digunakan dalam pemasaran, yang berhubungan erat dengan unit-unit ekonomi, seperti pengecer hingga pelanggan potensial.

Kepadatan penduduk
adalah Laju pertumbuhan penduduk di negara berkembang dibanding dengan negara maju.
Kepadatan penduduk dihitung dengan membagi jumlah penduduk dengan luas area dimana mereka tinggal.














Tabel perkembangan penduduk dunia

Dari tahun ke tahun pertambahan penduduk di dunia semakin meninkat dratis, dari data di atas pertambahan penduduk yang paling besar yaitu di asia di Negara cina.
faktor-faktor demografi yang mempengaruhi pertambahan penduduk
-peningkatan kelahiran dan pengurangan kematian
-perkawinan di usia muda
-kegagalan program perencanaan keluarga
-bertambaha pengeluaran sumber makanan
-kesetabilan politik (keamanan dunia)
Rumus tingkat kematian
1) Angka kematian kasar (Crude Death Rate = CDR)
Angka kematian kasar yaitu angka yang menunjukkan jumlah kematian tiap 1000
penduduk tiap tahun tanpa membedakan usia dan jenis kelamin tertentu.
Rumusnya:
CDR = D/P x 1000
Dimana:
CDR = Angka Kematian kasar
D = Jumlah kematian pada pertengahan tahun
1000 = Konstanta (k)
2) Angka kematian khusus menurut umur tertentu (Age Specific Death
Rate = ASDR)
Angka ini dapat digunakan untuk mengetahui kelompok-kelompok usia manakah
yang paling banyak terdapat kematian. Umumnya pada kelompok usia tua atau
usia lanjut angka ini tinggi, sedangkan pada kelompok usia muda jauh lebih
rendah.
Rumusnya:
ASDRx =Dx/Pxx 1000
Dimana:
ASDRx = Angka Kematian khusus umur tertentu (x)
Dx = Jumlah kematian pada umur tertentu selama satu tahun
Px = Jumlah penduduk pada umur tertentu
1000 = Konstanta (k)


Masyarakat
Menurut : Mac Iver dan Page, mengatakan bahwa, “masyarakat adalah suatu system kebiasaan dan tata cara, dari wewenang dan kerjasama antara berbagai kelompok dan penggolongan, dan pengawasan tingkah laku serta kebiasaan-kebiasaan manusia. Keseluruahan yang selalu berubah ini kita namakan masyarakat. Masyarakat merupakan jalinan hubungan social. Dan masyarakat selalu berubah”.
Kebudayaan
adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbada budaya dan menyesuiakan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.
Kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.
Prtumbuhan dan perkembangan kebudayaan Indonesia
Peradaban Indonesia dimulai dari zaman batu, sampai zaman logam. Berdasarkan para pendapat ahli zaman batu di bagi menjadi dua yaitu: zaman batu tua dan zaman batu muda. Alat alat pada zaman batu tua baik bentuk atau permukaan alat masih kasar, contoh kampak gemgam.sebaliknya jaman batu muda benar-benar membawa revolusi dalam kehidupan manusia, mereka mulai hidup, menetap,membuat rumah,berkelompok, bertani dan berternak untuk memenuhi kebutuhannya.
Kebudayaan hindu budha dan islam
Kebudayaan hindu dan budha
Pada abad ke-3 dan ke-4 hindu telah masuk ke Indonesia,terutama di pulau jawa. Hindu yang berasal dari india itu berlangsung cepat. Sekitar abad ke-5 budha masuk ke Indonesia, khususnya pulau jawa, tumbuh dan berkembang secara damai. Ajaran budhadapat di katakana pandangannya lebih maju di bandingkan ajaran hindu, sebab ajaran budha tidak menghendaki adanya kasta-kasta dalam masyarakat.
Kebudayaan islam
Pada abad ke-15 dan ke-16 agama Indonesia telah berkembang di Indonesia. Agama islam di sebarkan oleh para pemuka-pemuka islam yang sering disebut para wali songo. Aama islam berkembang pesat di Indonesia dan menjadi agama yang penganut terbesar di wilayah Indonesia., takdapat di pungkirin lagi bahwa kebudayaan islam memberikan peluang besar untuk perkembangan kebudayaan di Indonesia.
Kebudayaan barat
Kebudayaan barat juga memberikan carak pada kebudayaan dan kepribadian bangsa Indonesia. Contoh kebudayaan barat yang masuk di Indonesia missalnya adalah cara berpakaian,bahasa,sikap,kuliner,dsb. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kebudayaan dan kepribadian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar