Selasa, 14 Desember 2010

INDIVIDU,KELUARGA, DAN MASYARAKAT

Pertumbuhan individu
Individu berasal dari bahasa latin, yaitu individuun, yang artinya adalah yang tak terbagi. Dalam ilmu social, individu menekankanpenyelidikan kepada kenyataan-kenyataan hidup yang istimewa, yang takm seberapa yang mempengaruhi kehidupan manusia.
Pertumbuhan adalah peruses sosialisasi yaitu proser perubahan dari sifat mula-mula yang asocial atau juga tahap demi tahap disosialisasikan.
Factor –faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
1. factor pendirian nativistik, menurut para ahli golongan ini adalah pertumbuhan individu oleh factor-faktor yang di bawa sejak lahir.
2. pendirian empiristik dan environmentalistik: para ahli berpendapat bahwa pertumbuhan individu semata-mata tergantung pada lingkungan.
3. pendirian korvegensi dan interaksionisme: ialah konsepsi interaksionisme yang berpandangan dinamis dan menyatakan bahwa interaksi antara dasar dan lingkungan dapat menentukan pertumbuhan individu.
Pengertian keluarga
Menurut sigmundfreud Keluarga itu terbentuk karena adanya perkawinan antara pria dan wanita.
Fungsi keluarga
keluarga adalah satuan masyarakat terkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok kecil dalam masarakat. Fungsi keluarga adalah suatu perkerjaan atau tugas yang harus di laksanakan di dalam keluarga tersebut. Macam-macam fungsi keluarga yaitu: fungsi biologis,pemeliharaan,ekonomi,agama,social.
Pengertian masyarakat
Menurut Drs. JBAF Mayor Polak, masyarakat adalah wadah segenap antar hubungan social terdiri atas banyak sekali kolektiva-kolektiva serta kelompok dan tiap-tiap kelompok terdiri atas dari kelompok-kelompok lebh baik atau sub kelompok.
Masyarakat di bagi menjadi dua golongan yaitu golongan masyarakat sederhana dan masyarakat maju. Masyarakat sederhana cendrung primitive karena pola pembagian kerja cendrung dibedakan menurut jenis kelamin, Sedangkan Masyarakat maju memiliki aneka ragam kelompok social, yang tumbuh berdasarkankebutuhan serta tujuan tertentu akan di capai.
Masyarakat maju dapat di bedakan menjadi dua yaitu: masyarakat non industry dan masyarakat industry. Masyarakat non industry adalah gabungan dua kelompok primer dan kelompok sekunder. Kelompok primer adalah kelompok yang interaksinya sering berdialog bertatap muka,karna itu saling mengenal lebih dekat, lebih akrab, sedankan kelompok skunder interaksi hubungannya secara tak langsung,formal, dan juga kurang bersifat kekeluargaan. Kelompok masyarakat industry adalah suatu solideritas di dasarkan hubungan dan saling ketergantungan antar kelompok kelompok masyarakat yang telah mengenal otonomi.
Makna Hubungan antara Individu, Keluarga, masyarakat
Makna individu: manusia adalah makhluk individu yang berarti makhluk yang tidak di bagi-bagi, tidak dapat di pisah-pisah antara jiwa dan raganya. Contoh manusia sebagai makhluk individu mengalami kegembiraan atau kecewa akan terpaut jiwa raganya.
Makna keluarga: merupakan kelompok primer yang sangat penting di dalam masyarakat, keluarga terbentuk dari pria dan wanita yang terikat pernikahan.
Makna masyarakat: merupakan kumpulan dari beberapa kelompok keluarga yang tinggal dan memiliki tujuan yang sama. Menurut R. linton mayarakat adalah setiap kelompok manusia yang telah cukup lama hidup,dan berkerja sama, sehingga itu dapat mengorgabisasikan dirinya dan berpikir tentang dirinya sebagai satu kesatuan social dengan batas-batas tertentu.
Urbanisasi
Adalah suatu proses perpindahan penduduk dari desa ke kota, peruses urbanisasi tersebut dapat terjadi dengan menyankut dua aspek yaitu:
1. Perubahan masyarakat desa menjadi masyarakat desa
2. bertambahnya penduduk kota yang di sebabkan oleh mengalirnya penduduk yang berasal dari desa-desa(pada umumnya disebabkan karena penduduk desa merasa tertarik oleh keadaan di kota).
Sebab-sebab terjadinya urbanisasi:
1) daerah yang termasuk menjadi pusat pemerintahan atau menjadi ibu kota
2) tempat tersebut sangat setrategis sekali untuk usaha perdagangan/perniagaan
3) timbulnya industry di daerah tersebut,yang memproduksi barang dan jasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar