Jumat, 03 Mei 2013

Penerapan Augmented Reality Berbasis Lokasi dalamMobile Virtual Tour


 2. Coba anda berikan contoh tulisan ilmiah populer, dengan topik peristiwa-peristiwa yang terjadi saat ini !
jawab:
 Augmented Reality  


Penerapan Augmented Reality Berbasis Lokasi dalamMobile Virtual Tour

Perkembangan teknologi telepon pintar yang didukungkomponen perangkat keras seperti kamera, Wi-Fi, GPS, dansebagainya, serta oleh sistem operasi platform mobile sepertiAndroid, iOS, Symbian, dan sebagainyamendorong maraknyaimplementasi berbagai teknologi di lingkunganmobile, termasukteknologi mobile virtual tour. Mobile virtual touradalah aplikasiyang digunakan untuk menemukan lokasi serta informasi terkaitlokasi tersebut melalui perangkat mobile.Makalah ini membahas pemanfaatan teknologi augmentedreality berbasis lokasi dalam pembangunan mobile virtual tour.Augmented reality berbasis lokasi merupakan perpaduan duateknologi, yaitu augmented reality (AR) dan location-basedservice (LBS). Sistem yang diimplementasikan difokuskanuntuk menyelesaikan masalah interaktifitas pada mobile virtualtour, yang mencakup pengintegrasian berbagai jenis kontenseperti teks, gambar, dan video untuk menampilkan informasi,serta penerapan prinsip user generated content yangmemungkinkan penambahan data dilakukan oleh penggunasehingga proses pengumpulan data menjadi praktis.Sistem yang dikembangkan mengikuti arsitektur client-server,dengan client terdiri dari aplikasi web dan aplikasimobile.Aplikasi mobile diimplementasikan menggunakan sistemoperasi Android.Data utama yang digunakan disebut POI (Pointof Interest) yang merepresentasikan objek menarik di sekitarpengguna.Informasi lokasi POI disimpan dalam koordinatlintang (latitude) dan bujur (longitude).Metode pemetaan lokasiPOI di dunia nyata terhadap posisi POI di layar perangkatmemanfaatkan sudut antara lokasi POI dengan arah pandangkamera serta kemiringan perangkat terhadap garis horizon.Hasil pengujian menunjukkan bahwa teknologi augmentedrealityberbasis lokasi dapat mengintegrasikan berbagai tipekonten untuk menyediakan informasi, namun masalah yangdihadapi adalah kecilnya akurasi informasi lokasi yangdiperoleh melalui komponen GPS (Global Positioning System)pada perangkat mobile ketika aplikasi digunakan di ruangantertutup. Sementara itu, pengujian lain menunjukkan usergenerated content dapat dipertimbangkan sebagai cara untukmengumpulkan data secara praktis, namun kelemahannya adalahtidak ada jaminan kebenaran data karena tidak ada mekanismevalidasi masukan.



sumber: http://stei.itb.ac.id/jurnal/index.php/stei-S1/article/view/149

Tidak ada komentar:

Posting Komentar