Selasa, 26 Oktober 2010

PENGERTIAN ISD DAN IPS

Ilmu Sosial Dasar (ISD)
Ilmu sosial adalah penerapan metode ilmiah untuk mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya, yg mengkaji masalah sosial, khususnya masalah yg diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan Teori (fakta, konsep, teori) yg berasal dari berbagai bidang cabang ilmu social dasar adalah:
1. Natural Science meliputi fisika, kimia, astronomi, biologi, dll.
2. Social science terdiri dari sosiologi, ekonomi, politik, antropologi sejarah, geografi, dll
Ilmu Sosial Dasar diajarkan untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum kepada mahasiswa tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial yang terjadi di sekitamya. Dengan demikian, diharapkan mahasiswa dapat memiliki kepekaan sosial yang tinggi terhadap lingkungan sosialnya.
Tujuan ISD
ISD membantu perkembangan wawasan dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yg lebih luas dan kepribadian yg diharapkan dari setiap mahasiswa, khususnya berkaitan dgn sikap dan tingkah laku manusia dlm menghadapi manusia-manusia lainnya, serta sikap dan tingkah laku manusia-manusia lain terhadap manusia yg bersangkutan secara timbal balik.
Ilmu pengetahuan social(IPS)
Pengertian IPS yaitu bidang studi yang mempelajari serta menganalisis gejala dan masalah sosial di masyarakat yang ditinjau dari berbagai aspek. Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan pada tingkat pendidikan dasar maupun tingkat pendidikan lanjutan menengah pertama sampai menengah atas.
Persamaan antara ilmu social dasar dengan ilmu pengetahuan sosial
a) Keduanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan atau pengajaran
b) Keduanya bukan merupakan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
c) Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan permasalahan sosial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar